Gangguan Pendengaran Pada Anak Muda

Info Kesehatan | 2015 Mar

Saat ini ada banyak orang yang menderita gangguan pendengaran saat mereka berusia 30an. Anak-anak sekolah atau remaja yang mendengarkam musik melalui headphone secara kontinyu dan menghabiskan waktu mereka di club atau diskotek dapat mengalami hal ini. Umumnya mereka baru sadar bahwa pendengaran mereka tiba-tiba terganggu saat mereka berusia 30an.  Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa satu dari lima remaja Amerika mengalami gejala gangguan pendengaran. Jumlah kasus di Singapura masih belum diketahui, tetapi trendnya juga tampak memburuk.

Di jaman modern ini, ada banyak sumber suara yang dapat merusak pendengaran kita. Suara bising dari kendaraan, konstruksi dan music-musik yang dimainkan dari toko-toko di mall semuanya dapat merusak pendengaran kita. Akan tetapi, alat pemain musik pribadi seperti MP3 player adalah faktor yang paling berbahaya. Banyak anak muda yang mengalami gangguan pendengaran juga menggunakan MP3 player mereka secara berlebihan dan dengan volume yang sangat keras. Kita juga sering melihat pelajar di kereta dan bis yang mendengarkan musik dengan earphone. Malah kadang-kadang orang di sekitar mereka juga dapat mendengar musik yang sedang dimainkan. Banyak juga orang yang sering mendengarkan music saat sedang lari pagi atau latihan di gym.

Banyak orang yang tidak menyadari betapa bahayanya polusi suara. Dunia kita saat ini bertambah bising dan makin banyak anak muda dan orang dewasa yang mengalami gangguan pendengaran. Satu-satunya cara untuk mencegah ini adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak pendengaran kita.

Orang Muda Juga Dapat Terserang Arthritis, lakukan full medical check up sekarang juga

Info Kesehatan | 2015 Mar

Walaupun sering ditemukan pada orang tua, saat ini makin banyak orang dewasa muda yang juga menderita penyakit ini, oleh karena itu lakukan full medical check up sekarang juga. Mitos bahwa arthritis hanya menyerang orang tua sudah tidak berlaku lagi. “Kita melihat makin banyak pasien arthritis yang lebih muda”, kata Dr Carol Tan-Goh Yean Eng, seorang konsultan di Raffles Hospital. Yayasan Arthritis Nasional Singapura (NAF) berniat untuk membenarkan mitos itu di masyarakat dan mengingatkan pentingnya diagnose dan perawatan osteoarthritis pada lutut. Profesor Feng Pao Hsii, ketua NAF dan seorang konsultan emeritus di Tan Tock Seng Hospital, mengatakan bahwa osteoarthritis pada lutut dapat menyerang siapa saja. Oleh sebab itu perlu dilakukan banyak hal untuk membuat masyarakat paham tentang resikonya. Menurut survey dari National Health Surveillance di tahun 2007, sekitar 10 persen penduduk Singapura yang berusia diantara 18 tahun sampai 69 tahun diketahui menderita arthritis dan gejala kronis persendian. Hampir 5 persen diantaranya berusia 18 tahun sampai 29 tahun.

Ada 120 tipe arthritis yang berbeda, dan osteoarthritis adalah tipe yang paling umum. Penyakit ini dapat terjadi ketika kartilago di sendi menurun fungsinya seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini umumya berlangsung di lutut, tapi juga  dapat terjadi di bahu dan pergelangan tangan. Gaya hidup olahraga yang keras atau berlebihan serta obesitas adalah penyebab utamanya. Obesitas dapat meningkatkan beban kaki, sehingga menyebabkan degenerasi kartilago.

Profesor Feng menganjurkan makan dan berolahraga secara tidak berlebihan. Dia berkata bahwa siapapun yang mengalami nyeri seperti ini seharusnya berkonsultasi kepada dokter. “Bila anda sering berlari dan merasakan nyeri di lutut, maka berhentilah segera. Tubuh anda mengatakan pada anda untuk berhenti sejenak,” kata dia. Kemudian Dr Tan-Goh menambahkan:”motto ‘tidak ada hasil tanpa usaha’ tidak berlaku apabila osteoarthritis ikut terlibat. Nyeri adalah tanda peringatan.”

Vaksin Kanker Serviks Sekarang Ditanggung oleh Medisave

foto orang terkena kanker serviksSekarang para orang tua dan wanita di Singapura dapat menggunakan Medisave untuk mendapatkan vaksin kanker serviks. Mulai dari nopember 2010, mereka dapat menggunakan $300 setahun dari akun Medisave mereka untuk mendapatkan vaksin human papillomavirus (HPV). Wanita diberikan 3 kali suntikan vaksin dalam waktu 6 bulan. Vaksin ini dapat mengurangi resiko seorang wanita untuk menderita kanker serviks sebanyak 70 persen. Vaksin ini paling baik diberikan pada anak perempuan sebelum mereka aktif secara seksual oleh karena human papillomavirus umumnya menyebar melalui hubungan seksual. Sebaiknya anak perempuan berusia 10 tahun disuntik vaksin ini bersamaan vaksin booster untuk tetanus, difteri, dan pertussis. Wanita dengan usia yang lebih tua juga dapat mengambil manfaar dari vaksin ini.

Sebuah lembaga di Singapura yang dinamakan Expert Committee for Immunizations yang terdiri dari pejabat senior kementerian kesehatan, konsultan dokter ahli anak, dan para ahli di bidang pengendalian penyakit, telah merekomendasikan bahwa vaksinasi ini untuk dimasukkan dalam program imunisasi anak-anak. Akan tetapi, Singapura tidak menawarkan vaksinasi di sekolah meskipun negara lain melakukan hal tersebut.  Bahkan vaksin ini ditawarkan secara gratis untuk semua anak perempuan dan  wanita muda. Di Singapura, wanita yang berusia 9 sampai 26 tahun bisa mendapatkan vaksin mereka dari dokter keluartga.

Kanker serviks menyerang sekitar lima ratus ribu wanita di seluruh dunia tiap tahunnya dan membunuh separuh dari mereka. Di Singapura, sekitar 200 wanita telah didiagnosa penyakit ini tiap tahun, dan 80 dari jumlah tersebut mati karenanya. Pemeriksaan pap smear yang dilakukan secaara rutin dapat mendeteksi kanker serviks sejak dini. Di stadium awal, penyakit ini hampir tidak menimbulkan gejala. Tapi di stadoim lanjut, kombinasi antara operasi, kemoterapi, dan radioterapi tidak dapat menyelamatkan pasien tersebut. Kanker serviks adalah kanker satu-satunya pada wanita yang dapat dicegah. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk memastikan pencegahan penyakit ini.

Nyeri Otot Setelah Olahraga Dapat Berbahaya, Hubungi Home Doctor Singapore

Info Kesehatan | 2015 Mar

Jika anda mengalami nyeri otot setelah olahraga segera hubungi home doctor singapore. “Tidak Ada Hasil Tanpa Sakit” adalah motto yang dipercayai oleh mereka yang berlatih atau berolahraga. Capek dan nyeri otot adalah bagian dari rutinitas saat anda ingin melatih otot anda. Tapi berhati-hatilah, rasa nyeri bisa saja merupakan abnormalitas dalam tubuh anda. Nyeri otot setelah latihan adalah reaksi normal dari otot tubuh anda, yang akan cepat beradaptasi dan meningkat kekuatannya. Nyeri tersebut tumpul dan disertai kekakuan otot, biasanya dirasakan hanya saat otot tersebut diregangkan, kontraksi, atau diberi beban. Nyeri ini tidak akan terjadi saat istirahat, muncul beberapa jam setelah latihan, dan dapat berlangsung sampai seminggu. Ini adalah hal yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan.

Namun bila nyeri tersebut akut dan mendadak, maka harus dicurigai adanya cedera pada otot atau sendi.  Cedera pada sendi adalah kondisi  yang serius yang ditandai adanya nyeri yang parah, mendadak, dan spesifik yang terjadi saat latihan. Bengkak dan kemerahan juga sering terjadi. Berkonsultasilah pada dokter tentang ini. Untuk orang yang berlatih atau berolahraga untuk menurunkan berat badan, ingatlah bahwa penurunan berat badan yang drastic bukanlah hal yang sehat. Dr Stanley Liew, seorang endokrinologis di Raffles Hospital, berkata bahwa bila intensitas dari latihan anda tidak sesuai, maka penurunan berat badan yang progresif lebih dari 10 persen harus diwaspadai.

Umumnya orang mengira bahwa nyeri dada atau batuk yang mereka alami saat latihan adalah reaksi normal dari tubuh. Tapi dokter berkata lain. Batuk dan nyeri dada jelas tidak normal sekeras apapun latihan anda. Penurunan berat badan yang drastic dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu seperti diabetes atau kanker. Jadi siapapun yang berlatih atau berolah raga harus memperhatikan gejala nyeri pada otot mereka.

Vaksin Pneumokokal Baru di Singapura Untuk Anak

Sebuah vaksin pneumokokal baru telah tersedia di Singapura sejak minggu lalu untuk anak-anak berusia  diantara enam minggu sampai lima tahun. Vaksinasi ini melindungi anak-anak dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Streptococcus pneumonia yang dapat menyerang otak, paru-paru, darah, dan telinga. Vaksin ini dibuat oleh pabrik farmasi bernama Pfizer dan dapat melindungi dari total 13 varian bakteri. Ini adalah perlindungan sebesar 91,2 persen terhadap penyakit pneumokokal invasif (IPD).

IPD meliputi penyakit-penyakit seperti pneumonia dan meningitis, yaitu peradangan pada membrane pelindung otak dan tulang belakang. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan bahwa penyakit pneumokokal adalah penyebab utama dari kematian anak-anak berusia lima tahun kebawah. Di Singapura, sekitar 300 sampai 400 anak menderita dari penyakit pneumokokal tiap tahunnya, dan satu sampai dua anak meninggal karenanya.

Dosis yang direkomendasikan adalah 4 kali suntikan, atau lebih banyak satu kali dari vaksin pneumokokal sebelumnya. Ada 2 jenis vaksin pneumokokal lain yang tersedia, yaitu buatan GlaxoSmithKline yang melindungi dari 10 varian bakteri, dan buatan Pfizer sebelumnya yang hanya melindungi dari tujuh varian. 3 varian bakteri yang termasuk dalam vaksin baru ini diyakini sebagai penyebab penyakit yang makin meningkat di banyak tempat di dunia.

Biaya vaksin baru ini bervariasi di setiap dokter. Namun harganya berkisar $140 sampai $180 setiap suntikan. Vaksinasi pneumokokal telah ditambahkan ke dalam Program Imunisasi Anak Nasional (NCIP) pada bulan Nopember tahun lalu, sehingga para orang tua dapat membayarnya dengan menggunakan fasilitas Medisave mereka setiap tahun sebesar $300.

Pengobatan di Women Clinic Singapore dan Mengenal Lebih Dekat Penyakit “Kanker Ovarium”

Info Kesehatan | 2015 Mar

Women clinic singapore  banyak mendapatkan kasus kanker ovarium yang mengacu pada adanya pertumbuhan sel-sel asing yang berbahaya pada beberapa bagian dari ovarium. Ovarium adalah organ reproduktif wanita, dimana sel telur berkembang. Umumnya kanker ovarium diklasifikasikan sebagai epithelial dan tumbuh dari permukaan ovarium. Jenis lain dari kanker ovarium tumbuh dari sel telur (tumor sel germinal) atau sel-sel pendukung (tumor stroma).Kanker Ovarium menempati posisi ke-5 teratas kanker yang paling umum terjadi pada wanita di Singapura. Berdasarkan data Singapore Cancer Registry Annual Registry Report dan women clinic singapore, pada tahun 2007 hingga 2011 saja tercatat 1.506 kasus terdiagnosa kanker ini. Kanker tipe ini merupakan kanker pada alat reproduksi wanita kedua yang paling umum terjadi

Kanker pada epitel ovarium umumnya menyerang wanita berumur, walaupun tetap bisa terjadi pada wanita muda. Kanker sel germinal pada ovarium lebih sering terjadi pada wanita muda. Faktor resiko yang terkait dengan kanker ovarium yang banyak terdapat di women clinic singapore meliputi:

  • Kehamilan di usia lanjut
  • Siklus menstruasi seringkali datang lebih awal
  • Masa menopause datang terlambat
  • Tidak pernah melahirkan-memiliki riwayat kanker payudara
  • Faktor keturunan/genetic
  • Endometriosis

Kanker ovarium terjadi pada anggota keluarga yang memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker endometrial (misal kelainan gen BRCA) atau resiko tinggi terkena kanker endometrial, kanker kolorektal disamping terkena kanker ovarium (Sindrom Lynch). Pada wanita yang memiliki saudara kandung perempuan atau ibu dengan kanker jenis ini, resiko terkena kanker ovarium meningkat hingga 20 kali lipat. Kanker ovarium juga terjadi pada keluarga dengan riwayat kanker payudara dan kanker usus. Ada bukti-bukti yang menunjukkan bahwa gen-gen tertentu dapat menyebabkan terjadinya kanker jenis ini.

Ad ahrus rajin kontrol kesehatan rahim anda di women clinic singapore karena Kanker Ovarium jarang sekali menunjukkan gejala. Gejala baru timbul saat kanker sudah memasuki stadium akhir.

Gejala-gejala yang timbul meliputi:

  • Bagian perut membengkak dan menjadi sangat tidak nyaman
  • Merasa kembung
  • Gangguan pencernaan, kandungan gas tinggi atau mual yang berkepanjangan
  • Perubahan kebiasaan usus, seperti terjadinya konstipasi
  • Hilangnya selera makan
  • Sakit punggung

Bagaimana Cara Mendiagnosa Kanker Ovarium di women clinic singapore ?

TES DARAH CA 125

CA 125 merupakan protein yang terdapat pada permukaan sel kanker ovarium dan beberapa jaringan sehat. Kandungan CA-125 meningkat sekitar 80% pada pasien yang terkena kanker ovarium epithelial. Akan tetapi metode ini tidak terlalu akurat untuk mendiagnosa kanker ovarium karena protein CA-125 juga dapat meningkat dalam kondisi non-kanker, seperti saat terjadi endometriosis dan radang usus buntu.

PEMERIKSAAN PELVIK

Dokter di women clinic singapore akan memeriksa permukaan vulva, uterus serta ovarium untuk mencari perubahan abnormal.

X-RAY DADA

Diagnosa ini membantu untuk mendeteksi apakah bagian tubuh yang lain seperti paru-paru, juga telah terkena kanker.

SCAN ULTRASOUND

Ada kemungkinan dokter di women clinic singapore perlu dilakukan pemeriksaan dengan transvaginal ultrasound, dengan memasukkan alat ultrasound ke dalam vagina. Pemeriksaan juga dapat dilakukan melalui pemeriksaan ultrasound eksternal di mana alat ultrasound diletakkan di atas perut. Gambar yang dihasilkan kemudian akan menunjukkan ukuran serta tekstur dari ovarium Anda, sekaligus kista yang mungkin ada.

SCAN CT ATAU SCAN MRI

Pemindaian visual pada bagian perut, dada dan pelvik ini dapat membantu untuk mendeteksi tanda-tanda terjadinya kanker pada bagian tubuh yang lain.

BEDAH ATAU BIOPSI

Pada dasarnya metode ini adalah metode pembedahan atau biopsi yang diperlukan untuk membuktikan bahwa sel yang didiagnosa adalah kanker dan berasal dari ovarium.

Pengobatan Kanker Ovarium di women clinic singapore

Untuk menentukan tingkat penyebaran kanker, perlu dilakukan bedah eksploratif atau penahapan. Pada prosedur ini, dokter akan memeriksa peritoneum, yaitu lapisan dalam pada perut. Cairan yang ada dalam bagian perut tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk dipelajari dengan menggunakan mikroskop. Disamping menentukan stadium kanker, tujuan dari pembedahan adalah untuk mengangkat kanker sebanyak mungkin. Pada umumnya prosedur ini juga mengangkat ovarium, uterus dan kantung-kantung getah bening disekitarnya.

Pengobatan tambahan setelah pembedahan ditentukan sesuai dengan stadium kanker, tingkatan kanker, dan jenis kanker.

Untuk jenis kanker pada tahap dini dan tipe non-agresif, pengobatan lanjutan umumnya tidak diperlukan. Untuk kanker yang sudah ada di tahap lanjut dan merupakan tipe kanker ovarium yang agresif, kemoterapi di women clinic singapore merupakan pilihan pengobatan terbaik.

Rokok Bakal Dilarang Untuk Generasi Muda di Singapura karena merusak hasil health check up

Pusat Kanker Singapura (NCCS) telah nengajukan proposal untuk melarang penjualan rokok ke semua warga negara Singapura yang lahir di dan setelah tahun 2000 karena rokok dapat merusak hasil health check up. Ini adalah solusi baru untuk menuntaskan masalah ketergantungan nikotin yang tersebar luas di kalangan anak muda. Sebuah penelitian di tahun 2002 menunjukkan bahwa biaya sosial merokok di Singapura berkisar antara $674 juta dan $839 juta. Sedangkan secara internasional, persentase perokok meningkat dengan pesat terutama pada usia 12 sampai 18 tahun. Orang  yang mulai merokok sejak remaja juga cenderung untuk menjadi perokok jangka panjang. 90 persen dari kasus kanker paru disebabkan oleh merokok. Dan antara 900 sampai 1000 orang di Singapura meninggal oleh karena kanker paru tiap tahunnya.

Penelitian oleh Universitas Harvard melacak lebih dari 12.000 orang selama 3 dekade terakhir dan menemukan bahwa tendensi untuk merokok dapat menyebar melalui ikatan sosial baik dekat maupun jauh. Orang yang berhenti merokok biasanya berhasil melakukannya di dalam lingkaran orang-orang yang juga berhenti merokok. Efek ini menyebar dan menyebar, dan jumlahnya makin mengecil. Para peneliti juga menemukan bahwa perokok cenderung untuk melakukan migrasi ke tepi lingkaran sosial.

Konsultan senior dan kepala dari bedah onkologi NCCS, Asisten Profesor Koong Heng Nung, mengatakan bahwa proposal mereka adalah solusi yang simpel dan permanen, serta jauh lebih efektif dari hokum saat ini yang melarang penjualan rokok ke remaja yang berusia di bawah 18 tahun. Dia mempresentasikan proposal yang radikal ini ke para professional medis di acara SingHealth Duke-NUS Scientific Congress 2010 di Suntec City. Makalah ini juga dipublikasikan di British Medical Journal bulan lalu. Profesor Koong mengerti bahwa proposal ini akan mengundang banyak kritik dan oposisi, terutama dari pabrik rokok. Dia menjawabnya dengan simpel: “Proposal kami tidak menghentikan para perokok saat ini dari kebiasaan merokok, dan selaras dengan apa yang pabrik rokok katakan: bahwa mereka tidak berniat mencari perokok baru, dan mereka juga ingin melindungi generasi muda.”

Penemuan Alat Baru Untuk Mendeteksi Serangan Jantung Dengan Lebih Akurat

Kolaborasi antara peneliti di Singapore General Hospital (SGH) dan Nanyang Technological University (NTU) telah berhasil menciptakan alat baru detektor serangan jantung untuk menganalisa resiko serangan jantung dengan menggunakan variasi irama jantung. Alat ini 50% lebih akurat dibandingkan dengan pemeriksaan tanda-tanda vital saja.

Para peneliti tersebut dapat memperkirakan resiko terjadinya serangan  jantung dalam waktu 72 jam dengan mengkombinasikan variasi irama jantung dengan usia dan tanda-tanda vital penderita. Sensitivitas dan spesifisitas alat ini masing-masing mencapai 66.7% dan 98.1%, lebih akurat dibandingkan dengan pemeriksaan tanda-tanda vital saja yang mempunyai sensitivitas 41.7% dan spesifitas 99%.

Ini adalah yang pertama kalinya di dunia bahwa variasi irama jantung dapat dianalisa untuk memprediksikan serangan jantung. Hal ini akan sangat berguna di bagian kegawat- daruratan dimana waktu sangatlah penting dalam menyelamatkan penderita. Perangkat lunak yang telah dibuat dapat digunakan untuk menganalisa variasi irama jantung secara real time untuk membantu membuat keputusan klinis di bidang kegawat-daruratan.

Panduan Berobat ke Singapore General Hospital

Pendaftaran  Informasi lengkap bisa diperoleh disini. Tahun lalu saya melakukannya melalui telepon dari Indonesia selanjutnya mendapatkan nomor pasien, nomor ini akan menjadi database kita selanjutnya di seluruh RS tersebut. Pada kunjungan pertama akan diminta melengkapi beberapa data lain seperti paspor kita, nomor telepon di Singapore jika ada. Bahasa Bahasa yang umum digunakan di Singapura adalah bahasa Inggris, meski bahasa nasionalnya adalah bahasa Melayu. Bahasa Tamil dan Mandarin juga umum digunakan. Namun jika ada kendala bantuan pendamping dalam bahasa Indonesia juga bisa disediakan. Semua dokumentasi data akan disajikan dalam bahasa Inggris. Biaya dan Pembayaran Ini adalah rumah sakit pemerintah, sehingga biaya-biaya di RS ini kemungkinan besar lebih murah dibandingkan rumah sakit swasta di Singapura. Bahkan untuk perawatan yang mahal misalnya bisa dilakukan pembayaran mencicil atau berkali-kali sepanjang kita masih dalam proses perawatan. Misalnya bisaya radioterapi. Beberapa informasi biaya bisa dilihat disini. Untuk pembayaran bisa menggunakan tunai Singapore dollar, atau kartu kredit, di SGH juga tersedia banyak ATM. Menurut pengalaman kurs termurah adalah pembayaran menggunakan uang tunai baik yang ditukar di Indonesia maupun menukar Rupiah kita ke dolar Singapura di Singapura. Menurut pengalaman kurs penukaran Rupiah ke Dolar Singapura termurah adalah di money changer yg terletak di lokasi yg banyak orang Indonesia. Pengalaman cek kurs 22-23 Okt 2011, beli S$ di People Park Complex S$=7008, di Samarinda S$=7050, di Juanda Airport S$=7200 & di Changi Airport S$=7248 Jika memilih menarik dana dari ATM sebaiknya sekaligus dalam jumlah besar (misalnya di atas S$500) mengingat setiap transaksi ATM kita di Singapura akan dikenakan biaya di rekening kita. Jadi jika melakukan dua kali penarikan maka akan dikenakan dua kali biaya juga (untuk beberapa bank mengenakan biaya Rp.25.000/transaksi). Kartu ATM di Indonesia kemungkinan semuanya bisa dipakai untuk menarik di ATM bank manapun di Singapura. Pilihan lain dengan kartu kredit bisa dipakai untuk pilihan akhir jika uang tunai atau penarikan melalui ATM tidak dilakukan. Berdasarkan pengalaman selisih kurs bisa sekitar Rp.100/S$. Informasi detil lainnya bisa dilihat disini. Penginapan / Hotel Cukup banyak apartemen disewakan di sekitar SGH namun untuk hotel terdekat yang juga pernah saya pakai adalahHotel Osaka 81 bisa jalan kaki menyeberang di bawah jalan Central Expressway dan menuju ke SGH melewati The Academia (dibangun 2010-2011, rencana selesai 2012) lalu masuk melalui pintu Blok 6-7 yang terhubung ke blok lainnya. Menginap di Hotel Osaka 81 (***) ini di kisaran S$90-120 (weekend lebih mahal). Pilihan apartemen yang populer adalah di Chinatown di People’s Park Complex, karena cukup menggunakan MRT North-East Line (ungu) pindah satu stasiun saja. Biaya per kamar untuk berdua menginap di apartemen daerah ini di kisaran S$60-S$120 tergantung ukuran kamar, kamar mandi di dalam atau diluar. Biasanya apartemen kamarnya jauh lebih luas dibanding hotel. Juga lebih bebas mencuci baju, ada dapur dan umumnya peralatan dapur dan rumah tangga standar lain disediakan oleh pemiliknya. Misalnya poci air panas, kompor listrik, setrika, dll. Banyak pemilik apartemen adalah orang Indonesia atau setidaknya memiliki PRT dari Indonesia yang memudahkan kita berkomunikasi. Apartemen umumnya terdiri dari 3 kamar tidur, ruang tamu, dapur, 1 kamar mandi luar dan 1 kamar mandi dalam. Namun di People’s Park Complex beberapa unit apartemen telah dirubah hingga menjadi 6 kamar (2 kamar dari ex ruang tamu dan 1 kamar ex dapur), juga penyekatan kamar mandi luar sehingga bisa dipakai bersamaan. Transportasi MRT SGH bisa dicapai dari pintu keluar stasiun MRT dari 2 jalur yang melintasinya di Stasiun MRT Outram Park yaitu East-West Line (hijau) melalui pintu A yang muncul di seberang jalan dan ada penyeberangan menggunakan eskalator danNorth-East Line (ungu) melalui pintu F. Keduanya terhubung ke halte bus yang tersedia shuttle bus SGH Transportasi Bus SGH bisa dicapai dari dua halte bus yang juga dilayani Shuttle Bus SGH, yaitu: Halte Opposite Outram Park Station di Outram Rd yang dilayani jalur nomor 33, 63, 75, 174, 851 dan 970. Untuk kembali halte ada di seberang jalan di pintu keluar A stasiun MRT Outram Park yaitu Halte Outram Park Stn dengan jalur nomor bus yang sama. Halte Before Outram Rd di Eu Tong Sen St yang dilayani jalur nomor 61, 124, 143, 147, 166, 197 dan 961. Untuk kembali halte ada di seberang jalan agak jauh dari halte ini yaitu di halte Opposite New Bridge Rd Ter dengan jalur nomor 124, 143, 147 dan 961. Informasi detil cara mencapai suatu lokasi di Singapura dan peta Singapura bisa dilihat di: www.streetdirectory.com Shuttle Bus SGH Shuttle Bus SGH berkeliling terus selama hari kerja mengantar dan menjemput pasien dan pengunjung secara gratis dengan jalur: Outram Park MRT Station NE Line – Outram Park MRT Station EW Line – National Heart Centre – National Eye Centre / Block 6-7 – Block 1-2 – National Cancer Centre. Bantuan Perpanjangan Visa dan bantuan lainnya Ada kemungkinan kita tinggal melebihi 30 hari dari Visa on Arrival yang kita terima sewaktu datang di Singapura. Untuk perpanjangan tidak perlu ke ICA atau imigrasi Singapura, cukup meminta bantuan di SGH (ada di Blok 3) untuk bantuan perpanjangan sebelum batas visa kunjungan kita habis. Biaya yang dibayarkan adalah biaya resmi dari ICA dan SGH tidak menambah biaya sedikitpun, bahkan dalam proses kita akan dilayani dengan baik. Dokumentasi jenis bantuan dalam PDF bahasa Indonesia bisa diunduh disini. Kantor Lion Air Singapura Berpengalaman tahun 2010-2011 penerbangan dari Indonesia terutama dari dan ke Jakarta ke Singapura termurah adalah menggunakan Lion Air. AirAsia masih menyembunyikan beberapa biaya tambahan, tidak demikian dengan Lion Air. Lion Air juga mempunyai banyak penerbangan terusan ke berbagai kota di Indonesia. Bagi yang mengalami kesulitan melakukan pemesanan Lion Air secara online bisa mengunjungi kantor Lion Air di 61 Stamford Rd. #01-07 telp.(+65) 6339 192. Berikut panduan menuju kantor Lion Air dari SGH / People’s Park Complex dan kembali ke People’s Park Complex yang paling mudah dan murah.

  • Dari SGH, halte bus Before Outram Rd (B10018), ambil bus no.124/147, lima kali halte bus kemudian sampai di halte Hill St Stamford Court (B04143) persis di depan kantor Lion Air.
  • Dari People’s Park Complex (B05013), ambil bus no.124/147, empat kali halte bus sampai (jalur sama seperti di atas).
  • Dari kantor Lion Air ke People’s Park Complex, ambil bus no.124/147/166, 2-3 halte bus kemudian sampai di halte bus seberang Dhoby Ghaut MRT Station. Dari stasiun ini naik MRT North-East (Ungu) menuju HarbourFront. 2 stasiun kemudian (setelah Clarke Quay) sampai di Chinatown MRT Station di bawah People’s Park Complex.
  • Menuju SGH sama seperti di atas, dilanjutkan satu stasiun ke Outram Park MRT Station.

Lebih Banyak Dokter-Peneliti di Singapura Pada Tahun 2015

Pemerintah Singapura mengumumkan bahwa jumlah dokter di Singapura yang terlatih sains dengan baik diproyeksikan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2015. Saat berbicara di konferensi sains minggu lalu, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Teo Chee Hean mengatakan bahwa sasaran utama adalah mempunyai 160 dokter merangkap peneliti pada tahun 2015, lebih banyak dua kali lipat dari jumlah saat ini 80 orang. Para ilmuwan ini yang juga merawat pasien, akan mendapat waktu khusus untuk melakukan penelitian mereka. Mereka adalah elemen yang penting dalam proses merubah riset laboratorium biomedis menjadi aplikasi medis. Usaha-usaha ini sangatlah penting dalam memastikan pelayanan kesehatan tetap terjangkau dan dapat memenuhi kebutuhan penduduk Singapura yang semakin membesar.

Saat ini sudah banyak dokter-ilmuwan yang telah terlibat dalam penemuan-penemuan dan inovasi medis. Contohnya adalah Profesor Wong Tien Yin, direktur dari Institusi Riset Mata Singapura. Dia telah mencoba apakah pemindai mata yang simpel dapat memprediksi resiko pasien untuk terkena serangan jantung dan diabetes. Untuk hasi kerjanya, dia telah menerima President’s Science Award bulan lalu. Ada sekitar 8.000 dokter yang terdaftar di Singapura. Banyak diantara mereka yang juga melakukan penelitian medis.

Ada 3 elemen penting yang diperlukan oleh dunia kesehatan saat ini: 1)orang-orang yang berminat dalam penelitian, 2)latihan untuk merubah pertanyaan-pertanyaan menjadi proyek riset, dan 3) infrastruktur pendukung seperti Institut Riset Klinis Singapura (SCRI), yang dapat mengatur proyek dan melakukan analisa statistic. Penelitian klinis di Singapura sudah berkembang.