Fasilitas Perawatan di Singapura Untuk Orang Lanjut Usia (Lansia)

Ada banyak orang lanjut usia yang kondisi kesehatannya buruk dan membutuhkan penanganan medis. Tubuh orang lanjut usia akan menjadi lebih rentan, sehingga perlu adanya fasilitas di masyarakat untuk perawatan mereka dalam jangka menengah dan jangka panjang. Sebuah pusat rehabilitasi di Bedok telah dimodifikasi untuk bisa menangani orang lanjut usia yang bukan warga negara Singapura, termasuk mereka yang memerlukan makanan bantuan melalui pipa atau penggantian kateter secara berkala. Fasilitas ini juga ideal untuk orang lanjut usia yang tidak dapat dirawat dengan semestinya karena anggota keluarganya harus bekerja.

 

Lanjut Usia

 

Program ini, disebut Singapore Programme for Integrated Care for the Elderly, diperuntukkan untuk keluarga yang tidak sanggup membayar jasa layanan penuh waktu dari perawat atau pembantu. Program ini sedang diuji coba di Salvation Army Bedok Multi-Service Centre di Bedok Utara. Para pasien bisa pulang ke keluarga mereka saat malam hari. Biayanya adalah $62 per hari termasuk makan. Subsidi hingga 75 persen bila pelanggan memenuhi beberapa syarat tertentu.

Sekitar $400.000 telah disiapkan untuk mendanai program ini. Sebagian dari uang tersebut diperuntukkan untuk merenovasi Bedok Centre, yang sekarang telah memiliki kamar mandi dan kamar istirahat untuk pasien yang lemah kondisinya sehingga mereka dapat beristirahat. Bedok Centre juga akan diisi dengan persediaan medis seperti kateter, pipa makanan, dan pakaian. Sebuah tim yang terdiri dari seorang dokter, pekerja sosial, ahli terapi, dan perawat yang terdaftar akan merawat 30 pasien di sana.

Program ini akan diulas dan dinilai setelah setahun berjalan. Bila sukses, fasilitas-fasilitas lain yang serupa mungkin akan dibangun di tempat lain. Tambahan dana $250.000 juga telah dialokasikan ke dalam delapan penelitian dan hadiah pelatihan untuk sektor kesehatan. Hadiah tersebut diperuntukkan untuk mereka yang mengejar kursus diploma dalam keperawatan, terapi okupasional dan fisioterapi, serta untuk para profesional medis yang berminat mengambil kursus untuk meningkatkan keahlian mereka.

Comments are closed.