Macam-macam Metode Pengobatan Kanker Secara Medis

Info Kesehatan | 2018 May

Kanker adalah salah satu tantangan dalam dunia kesehatan terbesar di dunia, karena 14 juta orang didiagnosis mengidap kanker setiap tahunnya. Ada perubahan dramatis selama beberapa dekade terakhir mengenai pengobatan kanker sebagai hasil dari penelitian dan kemajuan teknologi. Tidak mungkin ada obat tunggal untuk mengobati kanker, karena kanker memiliki banyak jenis. Setiap Pengobatan tergantung pada sejumlah faktor seperti usia, kesehatan pasien, jenis dan stadium kanker. Sebagian besar pasien kanker ditanganai dengan pengobatan yang berbeda.

Pengobatan Kanker Yang Sudah Ada

  • Operasi

Operasi adalah salah satu pengobatan kanker tertua untuk mengobati kanker. Melalui operasi, kanker dapat sepenuhnya diangkat dari tubuh. Namun, hal itu hanya mungkin jika kanker belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dalam operasi, tumor diangkat dan pemeriksaan pada tumor dilakukan setiap hari untuk mengetahui perkembangannya.

  • Terapi Radiasi

Radiasi juga dikenal sebagai radio terapi atau pembunuh sel kanker dengan menggunakan radiasi dosis tinggi yang ditembakkan ke sel kanker. Namun, radiasi juga dapat merusak jaringan tubuh. Kemajuan terbaru dalam teknologi telah memungkinkan untuk memfokuskan sinar energi hanya pada jaringan yang ditargetkan.

  • Terapi Hormon

Terapi hormon dilakukan untuk memblokir atau mengurangi produksi hormon dalam tubuh untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. Misalnya, dalam kanker payudara atau prostat, pengobatan ini digunakan dengan mengurangi kadar testosteron dan estrogen masing-masing.

Pengobatan Kanker Yang Baru

  • Kemoterapi

Ini adalah jenis pengobatan kanker yang digunakan apabila kanker tersebut telah menyebar ke organ lainnya. Dalam perawatan ini, sejumlah obat khusus digunakan untuk menyeranang dan melumpuhkan proses pembelahan sel kanker dan dapat berinteraksi pada bagian sel normal dan sehat. Oleh karena itu, obat khusus tersebut diberikan secara bertahap sehingga tubuh memiliki waktu untuk menyembuhkan.

  • Imunoterapi

Imunoterapi mengacu pada pengobatan yang menggunakan sistem kekebalan untuk melawan kanker. Ini adalah strategi yang relatif baru dan dapat bersifat spesifik dan tidak spesifik. Imunoterapi bisa dianggap tidak spesifik jika merangsang seluruh sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel kanker dan dianggap spesifik jika imunoterapi membuat sistem kekebalan untuk mendeteksi dan menghancurkan sel-sel kanker.

Ide meningkatkan sistem pertahanan alami tubuh untuk mengobati kanker bukanlah hal baru, tetapi itu tidak mungkin tanpa penelitian dan memahami bagaimana sistem kekebalan bekerja untuk melawan sel-sel kanker.

Pengobatan kanker menggunakan imunoterapi berkembang cepat dalam beberapa tahun terakhir. Para peneliti mencari tahu sel-sel yang akan merespon pada pengobatan kanker ini.

  • Terapi Bertarget

Terapi bertarget adalah pengobatan kanker terbaru dan merupakan salah satu pengobatan kanker yang sangat aktif diteliti saat ini. Terapi ini bekerja dengan menargetkan perubahan sel kanker yang membuat sel tersebut tertahan. Kebanyakan terapi bertarget ini dibagi dalam dua kategori:

Obat-obat Molekul Kecil > digunakan untuk menargetkan sel kanker yang berada di dalam sel manusia

Antibodi Monoklonal > mengikat protein di permukaan luar sel kanker.

  • Terapi Gen

Terapi gen adalah pengobatan kanker yang sangat baru dan belum menghasilkan hasil yang efektif untuk membunuh sel kanker. Pengobatan menggunakan terapi gen masih dalam tahap awal penelitian dan peneliti masih mencari tahu cara menggunakan terapi gen untuk mengobati kanker secara efektif dan efisien.

  • Vaksin Pencegahan Kanker

Vaksin-vaksin ini diberikan kepada orang yang ingin mencegah kanker tertentu sebelum merasakan dampaknya. Ada dua jenis yang disetujui oleh FDA yaitu; vaksin HPV (Human Papilloma Virus) dan vaksin Hepatitis B.

Comments are closed.