Operasi Untuk Obesitas Juga Dapat Menyembuhkan Diabetes

Tindakan operasi untuk penderita obesitas atau kegemukan ternyata juga dapat membantu menyembuhkan diabetes di lebih dari 50% pasien yang juga mengidap penyakit ini. Setelah menjalani operasi Roux-en-Y untuk membuang sebagian dari lambung, pasien hanya bisa memakan tiga sampai lima sendok makan setiap kali makan. Mereka tidak lagi merasa mudah lapar dan akan mengalami penurunan berat badan secara bertahap.

Operasi ini dilakukan pada orang yang obesitas yang juga menderita masalah lain seperti diabetes dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) minimal 32,5. Diantara pasien obesitas yang juga menderita diabetes, 70% diantaranya mengatakan bahwa diabetesnya mengalami perbaikan dalam waktu singkat, terlepas dari penurunan berat badan yang dicapai. Hanya dalam hitungan hari, kadar gula darah mereka mencapai tingkat normal, dan mereka tidak lagi tergantung pada obat-obatan diabetes. Para dokter belum bisa menjelaskan mekanisme ini. Namun perlu diingat, operasi ini mempunyai resiko sendiri. Resiko yang terburuk adalah kematian, dialami oleh 0,5 sampai 1 persen pasien setelah menjalani operasi. Pasien juga harus menjalani diet ketat tinggi protein dan vitamin untuk mencegah malnutrisi.

Adanya bukti-bukti yang mendukung membuat Dr Asim Shabbir, seorang ahli bedah di Rumah Sakit Universitas Nasional atau National University Hospital (NUH), ingin memperluas indikasi operasi ini ke penderita diabetes yang gemuk tapi tidak terlalu obesitas, dengan BMI paling rendah 25. Harus diingat bahwa perawatan ini hanya untuk pasien yang gagal mengontrol diabetes mereka meskipun telah menjalani berbagai macam terapi. Bagi orang-orang ini, terhindarnya mereka dari kegagalan organ, kebutaan, dan amputasi adalah sebanding dengan resiko operasi ini. Dengan mengontrol kadar gula darah dan berat badan mereka, mereka juga dapat mengurangi resiko serangan jantung dan strok.

Incoming search terms:

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

Comments are closed.