Vaksin Kanker Serviks Ditanggung Oleh Medisave

Sekarang para orang tua dan wanita di Singapura dapat menggunakan Medisave untuk mendapatkan vaksin kanker serviks. Mulai dari november 2010, mereka dapat menggunakan $300 setahun dari akun Medisave untuk mendapatkan vaksin human papillomavirus (HPV). Wanita diberikan 3 kali suntikan vaksin dalam waktu 6 bulan.

Vaksin ini dapat mengurangi resiko seorang wanita untuk menderita kanker serviks sebanyak 70 persen. Vaksin kanker serviks paling baik diberikan pada anak perempuan sebelum mereka aktif secara seksual karena human papillomavirus umumnya menyebar melalui hubungan seksual. Sebaiknya anak perempuan berusia 10 tahun disuntik vaksin ini bersamaan vaksin booster untuk tetanus, difteri, dan pertussis. Wanita dengan usia yang lebih tua juga dapat mengambil manfaar dari vaksin kanker serviks.

Sebuah lembaga di Singapura yang dinamakan Expert Committee for Immunizations yang terdiri dari pejabat senior kementerian kesehatan, konsultan dokter ahli anak, dan para ahli di bidang pengendalian penyakit, telah merekomendasikan bahwa vaksinasi ini untuk dimasukkan dalam program imunisasi anak-anak. Akan tetapi, Singapura tidak menawarkan vaksinasi di sekolah meskipun negara lain melakukan hal tersebut.  Bahkan vaksin kanker serviks ditawarkan secara gratis untuk semua anak perempuan dan  wanita muda. Di Singapura, wanita yang berusia 9 sampai 26 tahun bisa mendapatkan vaksin kanker serviks dari dokter keluartga.

Kanker serviks menyerang sekitar lima ratus ribu wanita di seluruh dunia tiap tahunnya dan membunuh separuh dari mereka. Di Singapura, sekitar 200 wanita telah didiagnosa penyakit ini tiap tahun, dan 80 dari jumlah tersebut mati karenanya. Pemeriksaan pap smear yang dilakukan secaara rutin untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini.

Di stadium awal, penyakit ini hampir tidak menimbulkan gejala. Tapi di stadoim lanjut, kombinasi antara operasi, kemoterapi, dan radioterapi tidak dapat menyelamatkan pasien tersebut. Kanker serviks adalah kanker satu-satunya pada wanita yang dapat dicegah. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk memastikan pencegahan penyakit ini.

Comments are closed.