Vaksin Pneumokokal Baru di Singapura Untuk Anak

Sebuah vaksin pneumokokal baru telah tersedia di Singapura sejak minggu lalu untuk anak-anak berusia  diantara enam minggu sampai lima tahun. Vaksinasi ini melindungi anak-anak dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Streptococcus pneumonia yang dapat menyerang otak, paru-paru, darah, dan telinga. Vaksin pneumokokal ini dibuat oleh pabrik farmasi bernama Pfizer dan dapat melindungi dari total 13 varian bakteri. Ini adalah perlindungan sebesar 91,2 persen terhadap penyakit pneumokokal invasif (IPD).

IPD meliputi penyakit-penyakit seperti pneumonia dan meningitis, yaitu peradangan pada membrane pelindung otak dan tulang belakang. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan bahwa penyakit pneumokokal adalah penyebab utama dari kematian anak-anak berusia lima tahun kebawah. Di Singapura, sekitar 300 sampai 400 anak menderita dari penyakit pneumokokal tiap tahunnya, dan satu sampai dua anak meninggal karenanya.

 

vaksin pneumokokal

Dosis yang direkomendasikan adalah 4 kali suntikan, atau lebih banyak satu kali dari vaksin pneumokokal sebelumnya. Ada 2 jenis vaksin pneumokokal lain yang tersedia, yaitu buatan GlaxoSmithKline yang melindungi dari 10 varian bakteri, dan buatan Pfizer sebelumnya yang hanya melindungi dari tujuh varian. 3 varian bakteri yang termasuk dalam vaksin baru ini diyakini sebagai penyebab penyakit yang makin meningkat di banyak tempat di dunia.

Biaya vaksin baru ini bervariasi di setiap dokter. Namun harganya berkisar $140 sampai $180 setiap suntikan. Vaksinasi pneumokokal telah ditambahkan ke dalam Program Imunisasi Anak Nasional (NCIP) pada bulan Nopember tahun lalu, sehingga para orang tua dapat membayarnya dengan menggunakan fasilitas Medisave mereka setiap tahun sebesar $300.

Comments are closed.